Rumah Sakit Siloam Kupang Fokus Layani Peserta BPJS Kesehatan


Kupang - Siloam Hospital terus menghadirkan fasilitas kesehatan dengan pelayanan berstandar internasional ke seluruh daerah. Kali ini Siloam Hospital hadir di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ,untuk memberikan pelayanan kesehatan paripurna bagi seluruh masyarakat di provinsi timur Indonesia itu.


Rumah Sakit Umum Siloam Hospital (RSUSH) Kupang adalah rumah sakit ke-19 yang telah dibangun Lippo Group dan akan menyusul peresmian yang ke-20 di Medan pada Desember 2014 ini.


Berbeda dengan lainnya, RS Siloam Kupang lebih fokus melayani pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebagian besar atau sekitar 70 persen fasilitas layanannya diperuntukkan bagi pasien peserta JKN.


“Kami sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kupang untuk melayani pasien JKN, termasuk penerima bantuan iuran. Sekarang pun kalau ada pasien JKN yang memerlukan layanan, kami siap,” kata Corporate Secretary, Insurance, Legal and Safety Siloam Hospital, S Budisuharto di sela-sela konferensi pers terkait Grand Opening Siloam Hospital Kupang, yang rencananya oleh Gubernur NTT dan disaksikan Presiden Joko Widodo, Sabtu (20/12).


Sampai saat ini sebanyak 6 dari 19 Siloam Hospital fokus memberikan pelayanan kepada peserta JKN. Layanan itu meliputi rujukan rawat inap di tingkat dasar dan rawat inap tingkat lanjutan.


Tahun depan, Siloam Hospital memantapkan komitmen untuk secara keseluruhan menerima peserta JKN. Budisuharto mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pasian JKN di Siloam Hospital Kupang, yang diperkirakan bisa terjadi, beberapa tenaga dari rumah sakit telah dilatih oleh BPJS Kesehatan untuk mengoperasionalkan sistem yang ada.


Keberadaan Siloam Hospital Kupang sendiri, menurut Budisuharto, akan membantu pemenuhan kebutuhan tempat tidur rumah sakit di NTT. Pasalnya, memiliki 5,2 juta jiwa penduduk dengan jumlah tempat tidur kurang dari 3.000,maka masih terdapat kekurangan bila berdasarkan rasio 1.000 penduduk membutuhkan 1 tempat tidur. Dari seluruh pasien di 34 RS, termasuk Siloam Hospital, yang ada di NTT, 2,7 juta jiwa di antaranya adalah pengguna JKN. Siloam Hospital Kupang memiliki kapasitas 600 tempat tidur, namun untuk tahap awal mulai dioperasionalkan 100.


Grace Frelita selaku managing director PT Siloam Internasional mengatakan Siloam Hospital Kupang termasuk yang terbaik dari Silaom Hospital yang sudah dibangun. Siloam Kupang memiliki gedung besar dan kenyamanan dengan teknologi kesehatan canggih.


Ke depan akan dikembangkan duplikat dari Siloam Hospital Kupang di berapa kota di NTT, seperti di Maumere, Waingapu, dan Rote. Teknologi kedokterannya pun canggih, sama dengan Siloam Hospital pusat di Jakarta, seperti CT Scan 128 slice dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,2 tesla , yaitu alat diagnosis canggih untuk mendeteksi berbagai penyakit, seperti kanker. Siloam Hospital rata-rata membangun 8-10 rumah sakit per tahun, dan ditargetkan mencapai 50 RS untuk lima tahun ke depan.


Suara Pembaruan


Penulis: D-13/AB


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Rumah Sakit Siloam Kupang Fokus Layani Peserta BPJS Kesehatan

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar