Kapolri Tunjuk Paulus Waterpauw Jadi Kapolda Papua Barat


Jakarta - Kapolri Jenderal Sutarman menunjuk Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Oapua Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Paulus Waterpauw sebagai Kapolda Papua Barat yang pertama.


Hal ini terungkap dalam Surat Telegram/2525/XII/2014 tertanggal 19 Desember 2014 yang salinannya diterima Beritasatu.com sejak Jumat (19/12).


Dalam surat itu posisi Paulus sebagai Wakapolda Papua diganti oleh Komisaris Besar (Kombes) Polisi Rudolf Alberth Rodja yang sebelumnya sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah.


"Polda Papua Barat akan membawahi sembilan Polres. Kami memekarkan Polda Papua dengan Papua Barat karena beberapa alasan yaitu potensi ancaman kelompok bersenjata yang masih ada, luasnya wilayah Papua, dan peningkatan pelayanan pada masyarakat," kata Sutarman pada Beritasatu.com, Minggu (21/12).


Rencananya, Mapolda Papua Barat yang berada di Manokwari itu akan diresmikan oleh Sutarman bersamaan saat ia mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Papua untuk perayaan Natal bersama pada 27 Desember nanti.


Paulus Waterpauw, putra asli Papua kelahiran Fakfak, saat dihubungi Beritasatu.com secara terpisah mengatakan jika sembilan Polres yang akan tergabung dalam Polda Papua Barat itu kebanyakan berada di wilayah pesisir pantai perairan Barat Daya Papua.


"Polres Kaimana, Polres Fakfak, Polres Manokwari, Polres Sorong Kota, Polres Aimas, Polres Sorong Selatan, Polres Raja Ampat, Polres Bintuni,dan Polres Teluk Wondama," katanya.


Mapolda Papua Barat akan menempati bekas bangunan Pemerintah Kabupaten Manokwari. Bangunan itu selama ini masih ditempati tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tengah dalam proses pemindahan.


Penggunaan gedung itu telah disetujui oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Abraham Atuturi.


Untuk sementara, dalam operasional Polda Papua Barat, akan ada sekitar 130 personel dari Polda Papua untuk bergeser ke Papua Barat.


"Ini job bintang satu, bukan bintang dua seperti Kapolda Papua (Irjen Yotje S. Mende)," ujarnya.


Dalam telegram itu juga mengatur soal Kombes Imam Margono, Kabag SDM Korbrimob, sebagai Wakapolda Papua Barat.


Penulis: Farouk Arnaz/LIS





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Kapolri Tunjuk Paulus Waterpauw Jadi Kapolda Papua Barat

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar