SBY: Selalu Dianggap Benar, Pemimpin Bisa Jadi Diktator


Jakarta - Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan, pemimpin yang selalu dibenarkan apa pun perkataan dan tindakannya bisa menjadi pemimpin diktator atau tiran.


Namun, SBY tidak menyebutkan, siapa pemimpin yang dimaksud.


Hal itu diungkapkan SBY dalam akun Twitter-nya @SBYudhoyono, Jumat (28/11).


"Petik pelajaran di dunia. Pemimpin yang selalu dibenarkan apa pun perkataan dan tindakannya, tak disadari bisa menjadi diktator atau tiran," ujar SBY.


Dikatakan, dalam dunia politik, kekuasaan menjadi yang utama, namun harus diraih dengan cara yang benar dan menggunakannya pula secara benar.


SBY mengingatkan, kekuasaan juga menggoda, sehingga harus digunakan secara tepat, bijak, jangan sewenang-wenang, dan jangan melampaui kewenangannya.


"Nenek moyang kita mengingatkan, hendaknya kekuasaan tidak digunakan bak: ‘Besar hendak melanda, panjang hendak melindih," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu sambil berpantun.


SBY mengatakan, Tuhan memberikan kekuasaan kepada yang dikehendaki dan mencabut kekuasaan itu dari siapa yang dikehendaki.


Kebenaran mutlak adalah milik Tuhan, karenanya jangan selalu membenarkan yang kuat, tetapi perkuatlah kebenaran.


Setiap pemimpin, ujarnya, pastilah ingin berbuat yang terbaik, tidak ingin menjadi diktator atau tiran kemudian harus jatuh, seperti yang kerap terjadi.


"Karenanya, dengan tetap menghormati pemimpin, rakyat bisa menyampaikan kritik dan sarannya. Pemimpin mesti sabar mendengarkan. Kritik itu laksana obat. Jika dosis dan cara meminumnya tepat, badan menjadi sehat. Mengkritik pemimpin haruslah beretika dan patut," ujarnya.


Suara Pembaruan


Penulis: O-1/FIR


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : SBY: Selalu Dianggap Benar, Pemimpin Bisa Jadi Diktator

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar