Cegah Bentrokan, Mantan Wakapolri: Polri dan TNI Bisa Belajar dari Alam


Medan - Mantan Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Purn) Oegroseno mengusulkan, pimpinan Polri dan TNI mengintruksikan seluruh jajaran untuk saling menyapa bila berpapasan di jalanan. Paling tidak, menyalakan lampu "dim" saat dilihat sesama anggota.


"Olahraga bareng yang diperlihatkan anggota TNI dan Polri sebagai wujud kebersamaan pascabentrokan itu memang positif. Namun, ini belum tentu bisa menjamin hari esoknya tidak ada perselisihan lagi," ujar Oegroseno kepada SP, Senin (24/11)


Oegroseno mengatakan, pimpinan TNI dan Polri harus bisa duduk bersama untuk mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Sebab, tidak ada materi pendidikan yang manjur dan diterima personel saat mengikuti pendidikan di institusi tersebut.


"Selain menerima ilmu pengetahuan maka coba belajar dari alam. Misalnya, lihat semut saat berjalan dan berpapasan dengan sesamanya. Semut-semut itu terlihat berhenti sesaat karena memungkinkan saling menyapa dan menghormati sesamanya," katanya.


Menurutnya, anggota Polri maupun TNI hingga di level paling bawah pun harus bisa melakukan hal sama. Membangun komunikasi dengan baik dan benar itu banyak manfaatnya. Apalagi jika itu diawali oleh pimpinan institusi tersebut sampai ke tingkat bawahan.


"Dulunya, saat menjabat sebagai Kapolda Sumut, sampai dengan mengakhiri jabatan sebagai Wakapolri, saya selalu mengingatkan bawahan supaya menyapa, paling tidak memberikan isyarat saat berpapasan kendaraan di jalanan. Itu bentuk saling menghormati sesama. Ringan tapi berarti," ujarnya.


Suara Pembaruan


Penulis: 155/LIS


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Cegah Bentrokan, Mantan Wakapolri: Polri dan TNI Bisa Belajar dari Alam

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar