Jokowi Diminta Perhatikan Tokoh Daerah Jadi Menteri


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan memperhatikan keterwakilan wilayah dalam penyusunan kabinetnya.


Menurut Koordinator Pusat Forum Peduli Borneo, Gusti Nurpansyah, penyusunan kabinet yang berasal dari profesional murni maupun partai politik memang cukup penting. Namun, Jokowi sepatutnya mengakomodir tokoh-tokoh di daerah untuk menjadi menteri.


Apalagi dalam beberapa kali penyusunan kabinet, lanjutnya, keterwakilan wilayah selalu tergambar. "Keterwakilan wilayah sangat penting untuk pertimbangan geo politik, historis dan sosiologis. Indonesia sangat luas, sehingga representasi wilayah harus diakomodir," kata Gusti dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (25/10).


Dia menambahkan, Kalimantan Selatan (Kalsel) mempunyai cukup banyak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni menjadi menteri. "Putra daerah yang mumpuni di Kalsel cukup banyak, jadi tinggal dipilih," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Kerukunan Warga Kalsel, Yakob, mengungkapkan hal senada. "Keinginan masyarakat Kalsel agar putra daerahnya terpilih jadi menteri begitu kuat. Mereka bahkan telah mengirim surat ke presiden untuk persoalan tersebut," katanya.


"Kami menuntut agar Presiden Jokowi menempatkan wakil dari Kalsel dalam kabinet. Saya khawatir, kalau tak ada keterwakilan di kabinet dan kemudian ada gejolak di Kalimantan hal itu bisa menjadi sulit dikendalikan," ucapnya.


Meski begitu, masih kata Yakob, pihaknya tidak akan memaksakan putra daerah Kalsel masuk kabinet. "Sekarang semua tentu kita percayakan pada Presiden Jokowi," pungkasnya.


Suara Pembaruan


Penulis: C-6/WBP


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jokowi Diminta Perhatikan Tokoh Daerah Jadi Menteri

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar