Cek Kesehatan Sebelum Persiapan Nikah


Jakarta - Staf pengajar ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH menjelaskan, pernikahan merupakan penyatuan dua individu menjadi satu. Berbagai perbedaan dan persamaan akan bersatu.


Konsekuensi dari pernikahan, kata dia, juga dapat berakibat penularan penyakit dari masing-masing pasangan tersebut, bukan saja penyakit infeksi tetapi juga penyakit non infeksi.


Oleh karena itu, masalah kesehatan seputar pernikahan harus menjadi perhatian. Sebab, ada beberapa kasus dengan pasangan muda yang pada tahun-tahun pertama pernikahannya ternyata suami atau istri mempunyai penyakit kronis seperti penderita HIV AIDS atau hepatitis B kronis bahkan sampai sirosis hati yang tidak diketahui sebelum pernikahan terjadi.


Menurut Dr Ari, yang menjadi persoalan kalau hal ini tidak diketahui dari awal sehingga apa yang terjadi jika sumbernya berasal dari suami, akan menulari istri dan selanjutnya menulari anak-anaknya. Jika hal ini sudah diketahui lebih awal maka pengobatan dapat dilakukan, dan risiko penularan dapat dicegah.


"Pernikahan bertujuan untuk menghasilkan keturunan. Oleh karena itu, cek kesehatan pranikah juga memang perlu dipersiapkan," ungkap Dr Ari.


Dr Ari menyebutkan cek kesehatan pranikah tersebut dimulai dengan pemeriksaan darah perifer lengkap (DPL) meliputi pemeriksaan hemoglobin, hematokrit, lekosit, trombosit, pemeriksaan morfologi eritrosit, laju endap darah (LED), hitung jenis. Pemeriksaan ini baik untuk calon pengantin wanita maupun pria.


Data DPL ini penting karena Hb yang rendah perlu dievaluasi apakah bukan karena thalasemia, karena penyakit ini dapat diturunkan kepada anak-anaknya. Selain itu, hemoglobin yang rendah pada calon ibu akan berdampak buruk, baik bagi kesehatan ibu atau janin jika terjadi kehamilan nantinya.


"Mengingat faktor keturunannya yang dominan, beberapa laboratorium menambah paket skrining untuk pemeriksaan penyakit thalasemia. Pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaan rhesus juga penting untuk memprediksi kemungkinan golongan darah serta rhesus anak dari hasil perkawinan tersebut," jelas dia.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Cek Kesehatan Sebelum Persiapan Nikah

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar