Waspada, Indonesia Dikelilingi 80 Sesar Aktif


Jakarta - Potensi sesar aktif di Indonesia yang bisa saja menimbulkan gempa bumi diperkirakan mencapai 80 sesar. Oleh karena itu perlu mengenali ancaman yang unik di setiap daerah, mengadopsi kearifan lokal serta penguatan kapasitas dan sinergi stakeholders.


Pakar tsunami Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Widjo Kongko mengatakan Indonesia merupakan daerah gempa bumi dan tsunami pada masa lalu, kini dan yang akan datang. Masih banyak kejadian bencana dan peninggalannya yang belum digali dan diteliti.


"Untuk mitigasi perlu mengenali karakteristik ancaman bencana yang unik di setiap daerah, adopsi kearifan lokal, penguatan kapasitas dan sinergisitas stakeholders," katanya di sela seminar nasional "Jaya Giri Jaya Bahari" di Bentara Budaya Jakarta, Senin (22/9).


Menurutnya Indonesia masih akan dilingkupi bencana selama pergerakan lempeng di Indonesia masih terjadi. Sehingga konsep mitigasi harus bersifat lokal dan unik. Setiap ancaman bencana gunung api dan tsunami tidak sama untuk setiap daerah.


Dalam penelitiannya ia menyebut pergerakan Lempeng Indo-Eurasia kecepatannya mencapai 7 cm per tahun. Sedangkan Lempeng Australia-Pasifik sekitar 11 cm per tahun.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Waspada, Indonesia Dikelilingi 80 Sesar Aktif

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar