Telkom Luncurkan Layanan "Klinik Online" UDoctor


Jakarta - Teknologi telah mengubah lanskap industri kesehatan. Salah satunya layanan kesehatan digital yang diluncurkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, bernama UDoctor.


Solusi ini dibentuk berdasarkan validasi pelanggan yang dilakukan oleh manajemen di mana ditemukan bahwa masyarakat Indonesia memerlukan layanan kesehatan yang mudah diakses, transparan & rasional dari sisi harga.


Kehadiran UDoctor diharapkan mampu memberikan kontribusi aktif dalam mendukung program pemerintah “Menuju Indonesia Sehat”, “Jaminan Kesehatan Nasional” , “Badan Penyelenggara Jaminan Sosial” dan “Kartu Indonesia Sehat”.


UDoctor memiliki layanan yang variatif, salah satunya adalah klinik virtual di mana dokter dapat membuka tempat praktek secara online serta membuat model reservasi online untuk klinik fisik mereka.


"Jadi, pasien dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter secara online maupun untuk konsultasi secara fisik dengan dokter melalui reservasi antrian,” kata Achmad Sugiarto, EGM Divisi Solution Convergence Telkom dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (17/9).


Fasilitas klinik untuk dokter ini lebih ke arah manajemen tempat praktek sederhana. Prosedur untuk pendirian klinik virtual sangat mudah, dokter cukup melakukan registrasi ke UDoctor dan melampirkan STR dan SIP, lalu selanjutnya menunggu persetujuan dari admin UDoctor.


Dia menjelaskan, sebelumnya UDoctor hanyalah sebuah layanan interaktif antar karyawan Telkom seputar informasi kesehatan. Kemudian setelah melihat kebutuhan layanan digital healthcare yang semakin tinggi, maka diputuskan untuk membawa UDoctor menjadi platform kesehatan digital untuk masyarakat Indonesia.


UDoctor merupakan salah satu proyek di unit eHealth Divisi Solution Convergence PT Telkom. Platform ini akan resmi diperkenalkan pada Bulan Oktober 2014.


"Selama masa validasi market tersebut, UDoctor masih menerapkan skema free untuk para anggota. Ke depannya, kami akan menerapkan variasi skema bisnis platform as a service maupun Software as a Service (untuk segmen B2B dan B2G) serta Premium Service (untuk segmen B2C),” ujar eksekutif yang kerap disapa Anto ini.


UDoctor menyediakan layanan Cek Gejala Penyakit, Personal Healthcare, Dokter Jaga, Dokter Praktek, Sharing Pengalaman, Informasi Kesehatan, Tips & Gaya Hidup Sehat, Medical Record & Fitur Komunikasi interaktif antar anggota.


Layanan terbaru yang tengah dikembangkan lainnya adalah Dokter Keluarga (Model Kapitasi), Online Store, dan Health Directory. Solusi utama yang ditawarkan UDoctor adalah layanan kesehatan yang bersifat


“Kelebihan UDoctor adalah adanya video call antara pasien dan dokter,” Anto menambahkan.


Mengingat UDoctor masih dalam taraf validasi market, maka UDoctor saat ini baru menyediakan 3 dokter jaga yang bertugas selama hari kerja dan dijam kerja. Ke depan, Telkom akan menyiapkan tim dokter jaga 24 jam melalui sinergi dengan institusi kesehatan.


Untuk bersaing di bisnis ini, tambah Anto, UDoctor selalu terus meningkatkan kualitas layanan baik konten maupun kehandalan platformnya.


Selain itu, UDoctor juga terus mengembangkan layanan dengan menjalin sinergi dengan mitra-mitra strategis untuk pengembangan layanan. Mitra strategis UDoctor sampai saat ini adalah Yayasan Kesehatan Telkom, PT Administrasi Medika (Admedika), Kalbe Farma dan Look@MyBaby.


"Tantangan terberat adalah regulasi tentang layanan kesehatan online belum ada sehingga para dokter belum begitu antusias terhadap layanan semacam ini sedangkan animo dari masyarakat cukup besar,” katanya.


Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi: http://udoctor.co.id, Facebook : UDoctor Indonesia dan Twitter: UDoctorID.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Telkom Luncurkan Layanan "Klinik Online" UDoctor

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar