Basuki Akan Selidiki Tender Pengadaan Bus Transjakarta Yutong


Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyatakan penyebab terbakarnya bus Transjakarta merk Yutong di Jalan Sisingamangaraja, tepatnya di depan halte Al Azhar, dikarenakan kabel terbakar. Oleh karena itu, pihaknya akan menyelidiki proses tender pengadaan bus buatan Tiongkok itu.


Padahal, bus gandeng tersebut baru dibeli pada tahun 2013 lalu. Dengan usia yang baru satu tahun ini, kabel bisa terbakar dengan mudahnya, membuat Basuki curiga pelaksanaan tender pengadaan 30 bus Transjakarta merek Yutong ini tidak sesuai prosedur yang ada.


“Ya ngaco lah. Masa baru beli satu tahun, kabel busnya sudah terbakar. Kan enggak mungkin. Bus itu masih baru loh,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (3/9).


Dari kondisi kabel yang mudah terbakar, pria yang akrab disapa Ahok ini menilai kualitas fisik, casis (kerangka bus) dan mesin bus sangat buruk.


Karena itu, pihaknya menyetujui dilakukannya penyelidikan terhadap proses tender, mulai dari pengadaan, perakitan hingga penerimaan bus tersebut oleh Unit Pengelola (UP) Transjakarta.


“Kesalahan ada di busnya. Mutunya jelek, speknya jelek. Kabelnya enggak benar. Makanya harus diselidiki. Makanya tahun depan kita mau beli yang dari Eropa deh, ketahuan kelas bagus. Kalau yang dari Tiongkok harus cari kelas atasnya,” ujar mantan Bupati Belitung Timur ini.


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar, menerangkan pihaknya sedang melakukan evaluasi terbakarnya bus Transjakarta merk Yutong ini.


Meski yang terbakar hanya satu, namun UP Transjakarta sudah menarik 29 unit bus merk Yutong dari operasionalnya untuk dilakukan pemeriksaan kondisi fisik bus.


“Jadi 30 bus merk Yutong ini sudah kita tarik dari operasionalnya. Saat ini kita sedang lakukan pemeriksaan secara khusus. Kita enggak mau kejadian tersebut terulang lagi dengan merk bus yang sama,” kata Akbar.


Menurutnya, bus merk Yutong, casis dan mesinnya buatan Tiongkok. Sedangkan karoserinya dibuat di Indonesia. “Nah ini yang sedang kami periksa,” ujarnya.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Basuki Akan Selidiki Tender Pengadaan Bus Transjakarta Yutong

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar