Basuki Dukung DPRD Bentuk Pansus Bus Transjakarta


Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyerahkan sekaligus mendukung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta yang berencana membentuk panitia khusus (pansus) penyelidikan Bus Transjakarta menyusul maraknya insiden terbakarnya moda transportasi darat tersebut.


“Terserah bentuk pansus juga. Itu haknya DPRD kok,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (3/9).


Mantan Bupati Belitung Timur ini juga setuju bila dalam penyelidikan, pansus akan memanggil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk dimintakan keterangan.


“Kalau harus manggil Gubernur dan Dinas Perhubungan DKI, itu haknya DPRD juga. Lha mereka kan tugasnya mengawasi Pemprov DKI, jadi punya hak untuk memanggil,” ujarnya.


Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta, M Taufik menyatakan DPRD DKI akan membentuk pansus penyelidikan bus Transjakarta yang terbakar pada Kamis (27/8). Pasalnya, banyak kejanggalan dalam pengadaan bus Transjakarta merk Yutong tersebut.


“Saya lihat banyak kejanggalan. Seperti spesifikasi mesin dan tabung gas yang dipesan PT Korindo Motors yang menjadi rekanan pemerintah provinsi (pemprov) DKI tidak sesuai untuk digunakan jenis bus tersebut. Jadi banyak kejanggalan dalam pengadaannya. Semua harus dibuka,” tuturnya.


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar menerangkan pihaknya sudah meminta Unit Pengelola (UP) Transjakarta menyempurnakan kembali mekanisme pengawasan dan proses perawatan bus-bus buatan Tiongkok.


“Kan sudah ada manual book yang diterbitkan oleh produsennya. Saya sudah minta UP Transjakarta untuk meningkatkan proses pemeliharaan dan perawatan bus senilai Rp 3,7 miliar per unit,” ujarnya.


Saat ini, 30 unit bus Transjakarta merk Yutong tidak beroperasi lagi karena sudah ditarik ke pool Cakung, Jakarta Timur. Akbar tidak khawatir ditariknya puluhan bus Transjakarta akan menyebabkan antrean panjang pada rute Blok M-Kalideres dan Pulogadung-Blok M. “Nggak apa-apa terjadi antrean panjang, daripada terbakar lagi lalu penumpang jadi korban,” tukasnya.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Basuki Dukung DPRD Bentuk Pansus Bus Transjakarta

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar