Mudik Pakai Motor Lebih Irit Sepertiga Dibandingkan Naik Bus


Jakarta - Kendati berisiko tinggi, mudik memakai sepeda motor masih dilakukan banyak orang. Alasannya beragam, mulai dari hemat hingga fleksibilitas. Satu dari banyak orang yang memilih mudik memakai sepeda motor adalah Seno, perantau asal Pati, Jawa Tengah.


Bersama keponakannya, Paidi, Seno berangkat dari Jakarta subuh tadi (25/7) memakai sepeda motornya. Tentu dengan sedikit tentengan untuk dibawa pulang.


"Lebih murah Mas kalau pakai motor. Paling isi bensin habis cuma Rp100.000, daripada naik bus yang tiketnya bisa sampai Rp300.000 lebih ya mending ini," aku Seno yang membuka warung makan di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


Kenaikan harga tiket bus saat mudik memang sudah menjadi ritual musiman. Menurut pengakuan Harno, penjual tiket bus PO Haryanto, Shantika, dan Nusantara di Mampang Prapatan harga tiket bus menuju Pati, Kudus, dan Semarang melonjak tajam.


Di hari biasa, harga tiket bus AC adalah Rp150.000 - 175.000. Saat musim mudik, lonjakan harganya bisa mencapai Rp300.000 - 400.000.


Mengendari motor dari Jakarta sampai Pati membutuhkan waktu lebih dari 12 jam, namun Seno tak khawatir bakal kelelahan. Ia akan bergantian mengendarai motor dengan Paidi. Selain untuk menghindari kelelahan berlebih, Seno juga ingin keponakannya tahu jalan dari Jakarta menuju Pati.


Alasan lain yang diungkapkan Seno adalah fleksibilitas. Dengan membawa pulang motornya, ia bisa bebas berkeliling mengunjungi kerabat maupun kawan.


"Ya biar mudah Mas kalau mau main ke sana-sini. Kalau minjam motor saudara sih ya bisa juga, tapi kan kalau lagi nggak dipakai. Kalau lagi dipakai repot nanti nyari pinjaman motor lainnya," kata Seno.


Pemerintah sebetulnya sudah mendorong agar pemudik beralih menggunakan moda transportasi lainnya dengan program mudik gratis khusus sepeda motor. Hingga pendaftaran ditutup pada 16 Juli lalu, tercatat ada 11.157 unit sepeda motor yang terdaftar untuk diangkut ke kota tujuan pemudik. Kegiatan ini mendapatkan subsidi dari APBN sebesar Rp38 miliar.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Mudik Pakai Motor Lebih Irit Sepertiga Dibandingkan Naik Bus

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar