Pilkada Serentak, KPU Rejang Lebong Siapkan Rp 18 Miliar


Bengkulu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong, Bengkulu, siap menggelar pilkada Gubernur dan Bupati setempat secara serentak pada Desember 2015 mendatang.


"Kita siap menggelar pilkada Gubernur Bengkulu dan Bupati Rejang Lebong secara serentak pada Desember mendatang. Sekarang kita sudah mempersiapkan tahapan pilkada," kata anggota KPU Rejang Lebong, Restu S Wobowo, di Bengkulu, Rabu (28/1).


Ia mengatakan, untuk menyelenggarakan pilkada serentak 2015, KPU Rejang Lebong telah mengalokasikan dana sebanyak Rp 18 miliar. Dana sebesar ini disiapkan untuk menyelenggarakan pilkada dua putaran.


"Jadi, dana pilkada yang kita siapkan sebesar Rp 18 miliar untuk membiayai pilkada serentak dua putaran. Ini dilakukan agar pelaksanaan pilkada di Rejang Lebong dapat berjalan lancar dan sukses," ujarnya.


Dana pilkada yang disiapkan Pemkab Rejang Lebong sebesar itu akan dimanfaatkan untuk membiayai berbagai persiapan pilkada, di antaranya sosialisasi, pengadaan logistik, surat suara, honor petugas PPK dan KPPS, dan kegiatan lainnya yang terkait dengan pelaksanaan pilkada di daerah ini.


Khusus untuk logistik pilkada, Restu mengaku sebagian besar logistik eks pileg dan pilpres, seperti kota suara dan bilik suara masih layak untuk digunakan pada pilkada 2015.


Meski demikian, jika ada yang rusak dan tidak bisa dipakai lagi jumlahnya relatif sedikit. "Bilik suara dan kota suara yang rusak akan kita ganti baru. Saya kira kalau masalah logistik tidak ada masalah," ujarnya.


Ia mengatakan, KPU Rejang Lebong saat ini sudah mulai mempersiapkan tahapan pilkada karena selain dana sudah ada juga Perppu soal pilkada langsung sudah diterima DPR.


"Jadi, pilkada Gubernur dan Bupati Rejang Lebong tahun 2015 ini, sudah final dilaksanakan secara langsung. Karena itu, persiapan tahapan sudah harus dipersiapkan sekarang agar pelaksanaan pilkada di Rejang Lebong berjalan lancar," ujarnya.


Sebelumnya, Sekda Rejang Lebong, Sudirman mengatakan, dana penyelenggaraan pilkada di daerah ini tidak ada masalah lagi karena sudah dianggarkan di APBD setempat sebesar Rp 18 miliar.


Ia mengatakan, dana pilkada yang dianggarkan Pemkab Rejang Lebong di APBD 2015 sebesar Rp 18 miliar sesuai yang diusulkan KPU ke pemkab setempat. Meski terjadi pengurangan dari usulan KPU jumlah relatif sedikit.


"Yang jelas, dana pilkada Rejang Lebong tidak ada masalah dan pesta demokrasi lima tahunan ini dapat kita gelar sesuai jadwal yang ditetapkan KPU," ujarnya.


Suara Pembaruan


Penulis: 143/FEB


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Pilkada Serentak, KPU Rejang Lebong Siapkan Rp 18 Miliar

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar