Ingin Kelola "e-Government", Pemerintah Jajaki Kerja Sama dengan Singapura


Jakarta - Pemerintah mulai menjajaki kerja sama dengan Singapura terkait e–government (e-gov) atau penggunaan teknologi informasi untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warga.


Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN dan RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan Indonesia memang selama ini sudah mulai menerapkan e-gov, tapi sayangnya masih dikelola swasta.


Oleh karena itu, katanya, kerja sama dengan Singapura sebagai salah satu negara yang terbaik dalam e-gov diharapkan bisa memberi masukan dan model bagi Indonesia.


“Selain Korea Selatan, kita ingin jajaki dengan Singapura yang juga dikategorikan terbaik di dunia e-government-nya,” demikian disampaikan Yuddy di Jakarta sebagaimana dirilis Sekretaris Kabinet, Selasa (27/1).


Sistem e-gov ingin dioptimalkan pemerintah dalam rangka reformasi birokrasi pelayanan publik di Indonesia.


Singapura dicatat sebagai negara ketiga terbaik dalam mengembangkan e-government setelah Korea Selatan dan Australia.


Penerapan e-gov dilakukan Singapura sejak tahun 1980-an dengan aplikasi program Alice for Cooperate (ACE) yang dinilai membantu efisiensi waktu dan biaya penyelenggaraan pemerintahan.


E-government juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Singapura untuk menyampaikan diseminasi informasi secara real-time kepada warga negara, pelaku usaha, maupun pejabat pemerintah,” kata Yuddy lagi.


Indonesia sendiri memang sudah mulai menerapkan e-gov meskipun belum terpadu.


Menurut peringkat UN e-Government Survey 2014, peringkat Indonesia masih pada posisi 105, tak terlalu jauh posisi peringkatnya dari beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina dan Thailand.


Penulis: Ezra Sihite/FEB





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Ingin Kelola "e-Government", Pemerintah Jajaki Kerja Sama dengan Singapura

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar