UMB dan Pemkab Mukomuko Jajaki Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Imam Desa


Bengkulu - Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko untuk mengingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) imam desa di daerah itu.


"Ini kami lakukan agar berbagai kejadian skala kecil di masyarakat dapat diselesaikan di tingkat desa tanpa harus ke jalur hukum," kata Rektor UMB, Ahmad Dahasan di Bengkulu, Sabtu (1/11).


Kerja sama yang akan dibangun itu, salah satunya memberikan kesempatan kepada para imam desa di daerah ini untuk menempuh pendidikan Sarjana strata satu (S1). Biaya kuliah sebagian ditanggung UMB dan sebagian lagi pemkab setempat.


Untuk tahap pertama, UMB akan menyediakan kuota sebanyak 30 orang imam desa dari Mukomuko.


"Penjajakan kerja sama peningkatkan SDM imam desa sudah kami sampaikan ke Bupati Mukomuko dan sekarang tinggal menunggu jawaban dari pemkab setempat," ujarnya.


Program kerja sama ini dimaksudkan agar kualitas SDM para imam desa di Bengkulu menjadi lebih baik, sehingga perannya akan semakin dirasakan masyarakat.


Selain itu, imam juga dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang manfaat membayar zakat, wakaf, bagi harta warisan dan masalah perceraian.


"Jika imam desa dapat berperan dengan baik di daerahnya, maka kalau ada masalah keluarga di masyarakat dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah, sehingga tidak perlu sampai ke pengadilan agama," katanya.


Dahasan menambahkan, jika kerja sama peningkatkan SDM iman desa dengan Pemkab Mukomuko ini sukses, maka hal serupa akan dilaksanakan dengan pemkab dan pemkot lainnya di Provinsi Bengkulu.


Selain itu, UMB juga menawarkan kerja sama dengan Pemkab Mukomuko dalam peningkatkan SDM para PNS di daerah ini dengan cara membuka kelas jauh di daerah itu. Hal ini dilakukan karena masih banyak PNS di daerah ini yang berpendidikan tingkat SMA.


Dengan adanya kelas jauh, maka PNS yang tamatan SMA bisa melanjutkan studinya ke jenjang S1 dan selanjutnya mengambil program pasca sarjana di UMB untuk semua jurusan.


Sementara itu, Bupati Mukomuko Ichwan Yunus mengatakan, dirinya merespon baik ajakan kerja sama dari UMB tentang peningkatkan kualitas SDM imam desa dan PNS di daerah ini.


"Usulan kerja UMB untuk peningkatkan SDM imam desa dan PNS di Mukomuko akan segera kami tindaklanjuti secepatnya. Kerja sama ini bagus untuk peningkatkan kualitas ESDM masyarakat Mukomuko ke depan, termasuk imam desa dan PNS," ujarnya.


Suara Pembaruan


Penulis: 143/FIR


Sumber:Suara Pembaruan





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : UMB dan Pemkab Mukomuko Jajaki Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Imam Desa

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar