Tips Bagi Pemilik Kendaraan Hadapi Musim Hujan


Jakarta - Memacu kendaraan roda empat di musim hujan seperti saat ini tentu memerlukan konsentrasi lebih dibandingkan mengendarai kendaraan di saat jalan kering.


Pengemudi harus dapat mengontrol kecepatan kendaraan pada saat hujan.


"Tak perlu menjalankan kendaraan dengan cepat pada kondisi hujan, hal ini dikarenakan pada kondisi ini sistem pengereman juga tidak berfungsi secara maksimal," ujar Manager After Sales Service Department PT Kia Mobil Indonesia, Hendra Kurniawan, saat dihubungi Beritasatu.com beberapa waktu lalu.


Hendra melanjutkan, saat menyetir di kala hujan, nyalakan lampu kecil dan hazard untuk memberitahu keberadaan mobil Anda kepada kendaaan lain yang ada di sekitar.


"Aturlah kecepatan wiper sesuai dengan intensitas hujan dan nyalakan penyejuk ruangan (AC) untuk mencegah timbulnya embun pada kaca mobil," ujar Hendra.


Di saat hujan seringkali pengemudi menemui jalanan tergenang atau bahkan banjir. Hendra menyarankan saat melewati genangan air, tekan pedal gas secara konstan, agar mesin tidak mati karena kemasukan air melalui knalpot.


"Untuk acuan kedalaman genangan air, perhatikan ketinggian ujung knalpot. Jika genangan air tidak mengenai ujung knalpot ,maka kendaraan bisa melalui," tutur Hendra.


Ia juga menyarankan untuk memperhatikan ketinggian saluran udara. Upayakan air agar tidak memasuki mesin melalui saluran udara karena jika masuk dapat merusak komponen mesin.


"Dalam kondisi banjir, injak rem secara berulang-ulang karena sistem pengereman dapat tidak berfungsi dengan baik setelah melewati genangan air tinggi," tutup Hendra.


Penulis: Carla Isati Octama/WBP





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Tips Bagi Pemilik Kendaraan Hadapi Musim Hujan

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar