Jokowi Tinjau Pencegahan Kebakaran Hutan Riau


Sungai Tohor, Riau - Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan sekat lahan gambut sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Kamis (27/11).


"Upaya membuat kanal ini merupakan usaha masyarakat yang harus ditindaklanjuti oleh pemerintah karena dengan membuat kanal ini gambut sepanjang tahun akan basah terus," kata Presiden di Desa Sungai Tohor.


Menurut Presiden, yang akrab disapa Jokowi itu, jika gambut selalu basah maka lahan tidak akan mudah dibakar dan terbakar.


Jokowi menegaskan pencegahan kebakaran hutan menggunakan sekat lahan gambut yang memanfaatkan bahan kayu atau pelepah sagu bisa dipermanenkan dengan beton.


"Benar (bisa diaplikasikan) ide-ide masyarakat seperti ini. Tapi ini lebih baik dipermanenkan," ujar Presiden.


Dalam tinjauan tersebut, Jokowi menerima keterangan dari tokoh masyarakat Abdul Manan mengenai manfaat sekat lahan tersebut yang berfungsi untuk menahan air di lahan gambut sehingga tetap basah dan mencegah karhutla.


"Sekat ini menahan air dari kanal yang dibuat perusahaan luar untuk mengeringkan lahan gambut sehingga area itu mudah terbakar. Setelah itu oknum menanam pohon akasia," kata Manan.


Selain itu, kuantitas air di lahan gambut juga memengaruhi kualitas tanaman komoditas setempat yaitu sagu.


"Pada masa belum ada kanal ini, produksi sagu kami dapat mencapai 800 kilogram per bulan. Namun dalam beberapa tahun setelah adanya kanal ini menurun jadi 500-600 kilogram per bulan karena pohon sagu yang memendek akibat kurang air," kata Manan.


Dalam acara tersebut, Presiden juga mengunjungi tempat pengolahan sagu yang berada di Desa Sungai Tohor.


Pada kunjungan itu, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Widodo serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.


Sebelumnya Presiden berencana melakukan peninjauan pada Rabu, namun karena cuaca buruk di langit Kabupaten Siak, maka tim kepresidenan memutuskan untuk menunda kunjungan.


Penulis: /FEB


Sumber:Antara





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jokowi Tinjau Pencegahan Kebakaran Hutan Riau

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar