Calonkan Wagub, Basuki Minta Restu Megawati


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan telah meminta restu dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri untuk mencalonkan wakil gubernur (wagub) dari kalangan profesional.


"Saya sudah mengajukan profesional ke Bu Mega," katanya usai memberikan Sambutan Pada Pembukaan Rakergur Forum Kerjasama Daerah MPU XIV di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (27/11).


Ketika ditanya siapa calon wagub yang diajukan ke Megawati, Basuki tidak mau memberitahukannya. Lalu bagaimana keinginannya mencalonkan Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sarwo Handayani sebagai wagub? Mantan Bupati Belitung Timur ini menyatakan sudah menyampaikan usulan tersebut berkali-kali kepada Megawati. Namun belum ada tanggapan apa pun dari anak proklamator kemerdekaan Indonesia ini.


"Saya sih sudah berkali-kali ngomong dan mengajukan Bu Sarwo Handayani yang lebih cepat kerjanya dan sudah ngerti. Tanggapan beliau waktu itu sih senyum-senyum saja. Tapi nggak tahu deh," ujarnya.


Basuki mengetahui Megawati sudah merestui Boy Bernadi Sadikin menjadi calon wagub DKI dari PDI-P. Tetapi mantan anggota DPR ini bersikukuh hak memilih calon wagub ada di tangannya sebagai Gubernur DKI. Hal itu berdasarkan aturan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.


"Itu kan restu partai. Ya boleh saja merestui. Tapi kan untuk memilih haknya gubernur berdasarkan Perppu," tuturnya.


Berdasarkan informasi yang dihimpun beritasatu, Basuki memang telah menyampaikan satu nama sebagai calon wagub DKI kepada Megawati. Nama calon ini berasal dari non partai. Basuki memilih calon wagub non partai agar tidak terjadi clash politik dalam tubuh DPRD DKI Jakarta.


Sebab saat ini, perebutan posisi wagub cukup memanas diantara dua kubu partai pemenang Pemilukada DKI 2012, yaitu Partai Gerindra dan PDI-P. Namun hingga saat ini, Megawati belum memberikan tanda-tanda mengabulkan permintaan Basuki.


Penulis: Lenny Tristia Tambun/MUT





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Calonkan Wagub, Basuki Minta Restu Megawati

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar