Siswa SD Ipeka Sunter I Raih Medali Emas di Ajang IMSO 2014


Jakarta - Salah satu siswa Sekolah Kristen Ipeka kembali mencatat prestasi membanggakan, setelah berhasil meraih medali emas dan The Best Theory, pada ajang 11th International Mathematics and Science Olympic (IMSO) di Bali.


Nixon Widjaja (11 Tahun), yang merupakan siswa SD Ipeka Sunter I, Jakarta, berhasil menyingkirkan 233 peserta dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, India, Kazakhstan, Thailand, Sri Lanka, China, Taiwan, Nepal, Afrika Selatan, dan Vietnam.


IMSO 2014, merupakan ajang lomba perorangan bidang matematika dan IPA tingkat SD yang dipelopori oleh Kemdikbud. Awalnya, lomba ini dinamakan ASEAN Mathematics and Science Olympiad (AMSO). Namun, karena ada beberapa negara di luar ASEAN yang berminat, tahun berikutnya diubah menjadi IMSO. Sejak 2003-2010, Indonesia selalu menjadi tuan rumah ajang ini. Pada perhelatan ke-11 IMSO, Indonesia mengirimkan 30 perwakilan yang terdiri dari 15 peserta matematika dan 15 peserta IPA.


Ada dua kategori yang diperlombakan dalam IMSO, yakni teori (konsep) dan praktik. Dalam kompetisi IMSO ini, Nixon meraih The Best Theory dalam kategori teori (konsep) untuk sains dengan meraih nilai yang paling tinggi di antara peserta lainnya. Juri yang terlibat pada IMSO ini melibatkan pakar dari perguruan tinggi dari Indonesia, Taiwan, Filipina, dan Afrika Selatan.


"Sebelumnya saya cukup kesulitan dalam mengartikan soal, karena menggunakan Bahasa Inggris sedangkan sehari-harinya saya menggunakan Bahasa Indonesia. Namun dengan persiapan selama kurang lebih 5 minggu dan juga bimbingan dari para guru Ipeka, saya dapat melewati kesulitan itu," ujar Nixon.


Prestasi yang telah diukir oleh Nixon, bisa dibilang hasil pembinaan dan bimbingan positif yang diberikan para pengajar Sekolah Kristen Ipeka.


"Pencapaian yang telah diraih Nixon, merupakan hasil dari pembinaan melalui studi club, metode pembimbingan secara individu dengan penambahan jam belajar setelah pulang sekolah," ujar Kepala Sekolah SD Ipeka Sunter I, Esther.


Sebelumnya, Nixon pernah meraih prestasi pada skala nasional dengan meraih medali emas dan Best Overall pada ajang Olimpiade Sains Nasional 2014. Nixon Widjaja yang lahir di Jakarta, 23 Maret 2003 tidak hanya memiliki prestasi di bidang sains dan matematika, tetapi juga pada bidang musik dan gambar.


Hobi bermain piano dan membaca turut membantu merangsang kreativitas, kepekaan, dan kemampuan berpikir Nixon. Sejak kelas 1 SD, Nixon sudah tertarik dengan ilmu matematika dan sains, karena menurutnya matematika dan sains memiliki sesuatu yang baru.


"Untuk mengatasi rasa malas pada waktu belajar biasanya saya sambil mendengarkan atau bermain musik agar semangat," kata bocah yang memiliki cita-cita menjadi ilmuwan ini.


Nixon sedikit memberikan tips untuk teman temannya cara mengatasi rasa malas atau jenuh untuk belajar. "Jangan pernah bosan untuk membaca dan memang kita harus rajin belajar," kata dia.


Esther menambahkan, prestasi siswa SD Ipeka Sunter I ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa yang lain untuk meraih prestasi di berbagai bidang lainnya. Kemenangan Nixon Widjaja ini mendapatkan dukungan penuh dari kedua orangtua.


"Ipeka berkomitmen agar setiap siswa-siswinya baik dalam pengetahuan dan memiliki karakter yang baik pula. Pencapaian prestasi yang diraih oleh Nixon Widjaja merupakan hasil pelayanan pendidikan akan ilmu pengetahuan dan nilai pendidikan karakter yang ditanamkan oleh Ipeka kepada siswa-siswinya," tutup Esther.


Penulis: Feriawan Hidayat/FER


Sumber:PR





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Siswa SD Ipeka Sunter I Raih Medali Emas di Ajang IMSO 2014

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar