Maliki: Irak akan jadi Kuburan Para Militan


Baghdad – Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki yang akan lengser sebentar lagi sesumbar bahwa negaranya bakal menjadi kuburan bagi kaum jihad.


Pernyataan itu dia sampaikan ketika berkunjung ke kota Syiah, Amerli, Senin (1/9) waktu setempat, setelah lepas dari kepungan militan selama 11 pekan.


"Irak akan menjadi kuburan (bagi kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah)," kata perdana menteri yang telah menjabat dua periode itu. Pidato dia disiarkan lewat televisi dari kota tersebut.


Gabungan militer Irak, milisi Syiah dan pejuang suku Kurdi telah melancarkan operasi besar Sabtu lalu untuk menembus kepungan kota Amerli di provinsi Salaheddin, timur laut Baghdad. Sebelumnya, ribuan orang mayoritas warga Syiah terperangkap di sana.


Pasukan gabungan itu berhasil masuk kota hari Minggu dan sekarang melancarkan serangan balasan di berbagai penjuru kota.


Maliki mengincar masa jabatan ketiga namun ambisinya ini berantakan setelah militan ISIS berhasil menguasai lima kota dalam serangan skala besar Juni lalu.


Suku Kurdi didukung serangan udara Amerika Serikat berhasil merebut beberapa wilayah, namun operasi gabungan di Amerli merupakan keberhasilan terbesar serangan Irak sejak dimulainya konflik.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Maliki: Irak akan jadi Kuburan Para Militan

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar