Jorge Mendes, Pemenang Sejati Bursa Transfer


Manchester United boleh saja mendapatkan Radamel Falcao walau cuma sebagai pemain pinjaman. Tetangganya, Manchester City boleh girang dengan kedatangan Eliaquim Mangala. Begitu halnya Chelsea yang senang akhirnya mendapat Diego Costa sebagai solusi lini serang mereka.


Adapun Real Madrid patut bangga bisa membawa James Rodriguez ke Santiago Bernabeu. Tapi status pemenang sejati di bursa transfer musim panas ini layak disematkan kepada Jorge Mendes.


Siapa Jorge Mendes? Pria Portugal berusia 48 tahun ini adalah agen para pemain-pemain yang disebutkan tadi. Mendes bukan sembarang agen. Jika ada daftar agen atlet terbaik di dunia, namanya pantas masuk di samping Pini Zahavi dan Mino Raiola.


Klub-klub yang memakai jasa pemain naungan Gestifute, perusahaan agensi milik Mendes, bisa senang sekaligus sebal dengannya. Mendes sangat piawai menjual para pemain dengan harga transfer tinggi. Klub yang berniat membeli pemain dari agensi Gestifute harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Tapi di kemudian hari, klub bisa tersenyum karena harga jualnya semakin tinggi.


Coba saja buka website Gestifute, tapi abaikan saja tampilannya yang terkesan murah dan membosankan. Dari sana akan muncul nama-nama pemain yang sukses dijual Mendes dengan harga mahal.


Mendes pernah membuat Manchester United membobol rekening mereka sebesar 57 juta Euro, masing-masing 31,5 juta Euro untuk Anderson dan 25,5 juta Euro untuk Nani. Melihat kualitas permainan keduanya saat ini, Mendes patut bangga dengan prestasinya pada bursa transfer musim panas 2007 itu.


Setan Merah boleh saja merasa sebal, tapi agaknya mereka juga tak akan bisa melupakan jasa Mendes dua tahun setelah itu. Cristiano Ronaldo tercatat sebagai rekor penjualan termahal, tak cuma di tingkat United tapi juga dunia, dengan nilai 94 juta Euro. United jelas senang mendapatkan uang yang sangat besar, begitu pula dengan Mendes.


Bagaimana bisa Mendes ikut senang hati? Karena ia mendapatkan komisi dari nilai transfer pemain di bawah naungannya. Besaran komisi itu biasanya ada di kisaran 10 persen. Diperkirakan Mendes mendapatkan 9,4 juta Euro dari kepindahan CR7 ke Real Madrid atau setara membeli paling sedikit 22 unit Lamborghini Aventador.


Di bursa transfer musim panas ini, Mendes sukses memeras United mengeluarkan 75 juta Euro untuk membeli Angel Di Maria. Chelsea dipaksa merogoh kocek 38 juta Euro untuk Costa, City membayar Porto 55 juta Euro untuk Mangala, dan Madrid membeli James dari AS Monaco dengan tebusan €80 juta. Total harga keempat pemain itu adalah 248 juta Euro.


Mendes mendapatkan 24,8 juta Euro sebagai komisi. Jika mau, dia bisa membelikan Playstation 4 untuk 81.311 orang dengan uang komisi itu atau bisa dibelikan 29.500 unit Macbook Air 13 inci.


Tugas utama agen pemain adalah mencarikan klub dan mendapatkan kontrak bernilai tinggi bagi pemainnya. Agen yang piawai tahu bagaimana merencanakan jenjang karir pemain, memilihkan klub-klub batu loncatan hingga akhirnya mendapatkan tempat di klub besar. Berada di klub besar hampir sama artinya mendapatkan kontrak dan gaji mewah.


Pekerjaan agen yang lain adalah mencarikan kerja sampingan bagi pemain. Menjadi bintang iklan misalnya. Tugas yang lain adalah mencarikan sponsor.


Salah satu manuver cerdik Mendes bisa dilihat pada musim lalu. Costa yang kala itu masih berseragam Atletico Madrid dibuatkan gosip akan pindah ke Liverpool. Ini adalah sebuah gosip karena jika dijual ke Liverpool harga Costa tak melebihi 25 juta Euro.


Tujuan Mendes dan Costa saat itu hanya mendapat kenaikan gaji. Saat itu Costa diperkirakan hanya mendapatkan 10.000 Euro per pekan. Pada akhirnya Atletico yang enggan kehilangan Costa, akibat sudah ditinggal Falcao ke Monaco, menaikkan gajinya hingga empat kali lipat menjadi 40.000 Euro per pekan. Tampak kecil memang, tapi perlu diketahui bahwa rata-rata gaji tahunan di Spanyol tak sampai 30.000 Euro.


Kesabaran Costa dan Mendes kemudian berbuah manis. Tak cuma mendapatkan trofi La Liga dan panggilan ke Piala Dunia, Costa kini mendapat bayaran 170.000 Euro per pekan. Empat kali lebih besar dari yang ia dapatkan di Atletico. Adapun Mendes juga mendapatkan 1,3 juta Euro lebih banyak dari yang bisa ia dapatkan musim lalu.


Fakta lain Jorge Mendes adalah ia merupakan agen pelatih termahal dunia Jose Mourinho yang punya bayaran 17 juta Euro per tahun.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jorge Mendes, Pemenang Sejati Bursa Transfer

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar