Fasih Berbahasa Mandarin, Mark Zuckerberg Pukau Mahasiswa di Tiongkok


Beijing - Akses Facebook sudah diblok pemerintah Tiongkok selama lima tahun lebih, tapi Mark Zuckerberg justru memperlihatkan kecintaannya terhadap Tiongkok. Dalam acara tanya jawab dengan mahasiswa Universitas Tsinghua di Beijing, CEO Facebook itu memukau hadirin dengan mengucapkan 'halo semuanya' dalam Bahasa Mandarin, Kamis (23/10).


Hadirin langsung menyambut sapaan Zuckerberg dengan tepuk tangan dan sorakan gembira sebelum pria berumur 30 tahun itu menyelesaikan kalimatnya.


"Bahasa Mandarin saya sangat buruk, tapi saya berusaha menggunakan bahasa itu hari ini," kata Zuckerberg.


"Mark, setiap orang merasa kaget kalau Anda bisa berbicara dalam bahasa Tiongkok," kata pembawa acara yang justru memperkenalkannya dalam Bahasa Inggris. "Bisakah Anda menceritakan kepada kami mengapa Anda ingin belajar Bahasa Tiongkok?"


Zuckerberg merespon pertanyaan itu dalam bentuk yang familiar bagi orang Tiongkok yang terbiasa menggunakan kata "pertama, kedua, dan ketiga" saat berbicara ke publik.


"Pertama, istri saya adalah orang Tiongkok. Keluarganya berbicara dalam Bahasa Tiongkok dan neneknya hanya bisa berbicara bahasa Tiongkok. Saya ingin berkomunikasi dengan mereka," jawab Zuckerberg.


"Saat Priscilla dan saya memutuskan untuk menikah, saya mengatakan kepada neneknya mengenai keputusan itu dalam Bahasa Tiongkok. Dia amat terkejut mendengarnya."


Dalam sesi tanya jawab itu, Zuckerberg menyatakan bahwa bahasa adalah cara terbaik untuk memahami budaya lain dan itulah yang diinginkannya mengenai budaya Tiongkok. Menurut Zuckerberg, dia menyukai tantangan belajar bahasa yang sulit diucapkan seperti halnya Bahasa Mandarin.


Penulis: Yudo Dahono/YUD


Sumber:LA Times





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Fasih Berbahasa Mandarin, Mark Zuckerberg Pukau Mahasiswa di Tiongkok

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar