Toyota Indonesia Raih Penghargaan JD Power


Jakarta - Toyota Indonesia meraih penghargaan untuk nilai tertinggi Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014. Penghargaan itu diberikan JD Power Asia Pacific, lembaga jasa konsultasi pemasaran berskala global, atas prestasi Toyota Indonesia sebagai perusahaan otomotif di Tanah Air dengan pelayanan purna jual terbaik ke pelanggan.


Studi itu dilaksanakan JD Power terhadap 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraannya periode Februari 2012 hingga Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013 hingga Mei 2014.


“Terima kasih kami ucapkan kepada semua tim di Toyota yang bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan ini,” ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Hiroyuki Fukui, Senin (1/9).


Berdasarkan studi itu, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi 770 poin. Nilai itu di atas rata-rata indeks 12 perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam studi tersebut yaitu 767 poin.


Toyota Indonesia mendapatkan nilai tertinggi berdasarkan tiga faktor pendukung yakni sebagai perusahaan otomotif dengan service advisor, service facility, dan service quality terbaik.


Service quality merupakan faktor pendukung dengan bobot tertinggi yaitu 30% dari total penilaian. Pada faktor ini, Toyota membukukan 772 poin, naik 15 poin ketimbang tahun lalu.


Fukui menambahkan, penghargaan itu juga tidak lepas dari peran pelanggan setia Toyota selama ini. Sehingga, untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, Toyota akan selalu berupaya menghadirkan produk dan teknologi yang sesuai kebutuhan, layanan penjualan dan purna jual terbaik yang melebihi harapan pelanggan.


Wakil Presiden Direktur TAM Suparno Djasmin menjelaskan, CSI Study 2014 itu sebagai refleksi dari pasar terhadap pengembangan yang dilakukan Toyota terhadap pelanggan, sebagai bagian prinsip Toyota The Best Total Ownership Experience.


“Prestasi ini wujud komitmen kami untuk senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dengan selalu memberi yang terbaik. Rasa syukur dan bangga atas penghargaan ini akan kami wujudkan dengan terus meningkatkan serta mengembangkan layanan bagi para pelanggan Toyota,” katanya.


Dijelaskan, dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota dalam mempertahankan kepercayaan pelanggan. Menurut dia, kesuksesan penjualan tidak hanya bergantung pada pengalaman konsumen pada saat pembelian atau transaksi, tapi juga bagaimana pengalaman konsumen saat memiliki kendaraan.


“Karena itu, Toyota selalu menekankan strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Total Ownership Experience untuk memberikan kepuasan menyeluruh bagi pelanggan, mulai dari ketersediaan informasi mengenai produk, proses penjualan, hingga pasca pembelian,” urainya.


Suparno menambahkan, dengan meningkatnya eskpektasi pelanggan terhadap kendaraan yang dimiliki, maka Toyota harus memberi inovasi tiada henti. Hal itu sejalan dengan konsep Toyota dalam hal kaizen yakni terus melakukan perbaikan dan berinovasi untuk mencari terobosan baru demi kepuasan pelanggan dan kehidupan yang lebih baik.


Menurut dia, penghargaan CSI Study 2014 adalah lompatan prestasi signifikan bagi Toyota Indonesia. Pasalnya, tahun lalu, Toyota hanya menduduki peringkat ke-7. Sebelumnya pada 2010, Toyota pernah meraih peringkat pertama untuk kategori Customers Satisfaction Index (CSI) 2010, survei yang mempelajari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dalam kepemilikan kendaraan, dengan nilai 758 poin dari 1.000 poin. Pada tahun itu, Toyota juga berhasil meraih JD Power untuk Sales Satisfaction Index (SSI) 2010 yang menitikberatkan pada proses pembelian kendaraan dan menjadi cerminan upaya peningkatan layanan keseluruhan yang dilakukan Toyota bagi kepuasan pelanggan.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Toyota Indonesia Raih Penghargaan JD Power

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar