Kemperin Laksanakan Ujian "Online" CPNS 2014


Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemperin) melaksanakan ujian online (tes potensi khusus) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 pada 20 September 2014, yang dibagi menjadi tiga gelombang melalui http://ift.tt/1umoG2Z.


Kepala Pusat Humas, Kemperin, Hartono mengatakan, ujian yang dilakukan secara mandiri dengan sistem komputerisasi tersebut merupakan satu-satunya sistem ujian online yang disetujui oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sebagai tahapan awal dalam seleksi administrasi penerimaan CPNS.


Pembukaan pendaftaran dimulai sejak 29 Agustus-12 September 2014 dan diperpanjang sampai 18 September 2014. Hingga batas waktu penutupan pendaftaran, jumlah pelamar mencapai 7.045 orang, sementara jumlah pelamar yang melakukan pendaftaran ulang sebanyak 2.542 pelamar. Proses rekrutmen CPNS 2014 diadakan untuk memenuhi kebutuhan 147 formasi, yang terdiri dari 42 jabatan dengan kualifikasi pendidikan: S2 (19 orang), D.IV/S1 (96), D.III (22), dan SMK (10).


Adapun persyaratan pelamar, antara lain: (1) Warga Negara Indonesia berusia mulai 18 tahun hingga maksimal 30 tahun per-tanggal 1 Desember 2014, (2) Jenjang Pendidikan S2, S1 dan D IV Akreditasi A, kecuali untuk bidang studi yang belum ada Akreditasi A di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia minimal Akreditasi B. Selanjutnya, minimal Akreditasi B hanya bagi Perguruan Tinggi Negeri di luar Pulau Jawa dan Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian. Untuk jenjang pendidikan DIII minimal Akreditasi B, kecuali program studi yang belum ada Akreditasi B di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.


Sedangkan, jenjang Pendidikan SMK harus Akreditasi A; (3) Khusus jenjang pendidikan S2, S1, dan D IV, pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) minimal 475; (4) Usia pada tanggal 1 Desember 2014, bagi SMK setinggi-tingginya 24 tahun 0 bulan, untuk D III/Sarjana Muda setinggi-tingginya 27 tahun 0 bulan, sedangkan untuk D IV/S1 dan S2 setinggi-tingginya 30 tahun 0 bulan; (5) Persyaratan Indeks


Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang pendidikan untuk S2 minimal IPK 3,25, S1/D.IV/D.III minimal IPK 2,75, dan untuk SMK minimal nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) 7,0.


Selain itu pelamar hanya boleh mendaftar untuk tiga jabatan dengan kualifikasi pendidikan yang sama, tidak pernah dihukum penjara karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai BUMN/BUMD dan pegawai swasta, tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri, berkelakuan baik berdasarkan catatan dari kepolisian, sehat jasmani dan rohani berdasarkan keterangan Dokter, serta bersedia mengganti rugi bila setelah diterima namun mengundurkan diri.


Rencananya pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) diadakan pada 7-11 Oktober 2014 di 8 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Padang, Bandar Lampung dan Makassar.


Kemperin telah melaksanakan proses rekrutmen CPNS dengan menggunakan sistem pendaftaran online sejak 2008 dan ujian online sejak 2009. Proses rekrutmen CPNS online tersebut merupakan salah satu inovasi Kemenperin sebagai situs terbaik versi e-Transparency Award 2013 dan masuk dalam peringkat Top 33 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia tahun 2014, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Kemperin Laksanakan Ujian "Online" CPNS 2014

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar