Pekanbaru Akan Bangun Laboratorium Klinik Rp 2 Miliar


Pekanbaru - Pemerintah Kota Pekanbaru akan membangun satu unit laboratorium klinik senilai Rp 2 miliar guna memudahkan masyarakat melakukan bermacam-macam tes pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan mereka.


"Laboratorium klinik atau laboratorium medis ini nantinya bisa dimanfaatkan khususnya untuk pasien yang mendapatkan rujukan dari Puskesmas untuk mengetahui kimia darah, darah rutin, urine serta tinja," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Rini Hermiyati di Pekanbaru, Sabtu (4/1).


Menurut Rini, Pemerintah Kota Pekanbaru baru memiliki satu unit labarotorium namun hanya untuk menguji kualitas air, sedangkan laboratorium klinik ini diperlukan berkaitan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.


Laboratorium klinik di Pekanbaru memang sudah ada satu unit, katanya, akan tetapi dikelola oleh swasta dan tentunya masyarakat mengeluarkan biaya sendiri.


"Oleh karena itu, pada tahun 2014 dilakukan pengerjaan fisik gedung laboratorium dengan luas bangunan 120 m2 atau dua lantai itu sedangkan pengadaan peralatan dilakukan pada 2015," katanya dan menambahkan anggaran pembangunan berasal dari APBD Kota Pekanbaru 2014.


Sementara itu untuk sumber daya manusia pendukung operasional laboratorium ini sudah diberikan berbagai pelatihan.


Awal tahun ini, katanya, lagi detail engineering design (DED) adalah produk konsultan perencana yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan detail bangunan sipil seperti laboratorium ini.


DED tersebut bisa meliputi gambar detail bangunan/gambar bestek, rencana anggaran biaya dan laporan akhir tahap perencanaan yang meliputi laporan arsitektur, laporan perhitungan struktur termasuk laporan penyelidikan tanah.


Selain itu laporan mekanikal dan elektrikal serta perhitungan informasi dan teknologi dan laporan tata lingkungan.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Pekanbaru Akan Bangun Laboratorium Klinik Rp 2 Miliar

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar