Jelang Libur Natal, Bursa Asia Menguat di Tengah Sepinya Transaksi


Tokyo - Bursa saham Asia Pasifik pada Senin awal pekan ini menguat dibayangi sepinya transaksi jelang libur Natal dan tahun Baru.


Indeks kawasan Asia Pasifik di luar Jepang Indeks, MSCI Asia Pacific Index naik 0,3 persen di awal perdagangan. Sementara bursa saham Nikkei N225 naik 0,4 persen menjelang libur nasional Jepang pada Selasa besok. Adapun indeks KOSPI Composite di Korea Selatan menguat +0,06 persen.


Transaksi bursa Asia pada hari ini diperkirakan sepi karena banyak investor yang mulai meninggalkan pasar untuk merayakan Natal dan libur Tahun Baru. Banyak investor yang tidak ingin mengakhiri tahun dengan posisi dolar melemah.


"Data Amerika Serikat (AS) selama tiga minggu ke depan cenderung menyatakan perekonomian AS menguat "outperformance" sehingga memicu penguatan dolar AS," kata analis strategi di Barclays dalam catatan kepada kliennya, Senin (22/12).


Pasar saham AS melanjutkan rally kenaikannya pada penutupan perdagangan akhir pekan kemarin. Indeks Dow Jones Industrial Avg menutup pekan dengan menguat +0,15 persen, sementara indeks S&P500 mengalami kenaikan +0,46 persen.


Kenaikan Wall Street setelah Federal Reserve AS mengatakan pihaknya akan menaikkan suku bunga acuan jika pertumbuhan domestik sudah benar-benar kuat.


The Fed tidak tergesa-gesa dan mengikuti skenario awal menaikkan suku bunga. Di tahun 2015, The Fed menargetkan suku bunga naik ke level 1,25 persen.


Sementara anggota dewan gubernur bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) Luc Coene mengatakan bahwa perbankan harus mulai membeli obligasi pemerintah untuk mengatasi minimnya kepercayaan investor dan inflasi yang rendah di zona Euro.


Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo/WBP


Sumber:Reuters





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jelang Libur Natal, Bursa Asia Menguat di Tengah Sepinya Transaksi

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar