Pertama Kali, Paus Fransiskus Kunjungi Turki


Ankara - Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan pertamanya ke Turki pada Jumat (28/11) yang bertujuan untuk menjembatani hubungan dengan umat Islam dan memberi dukungan kepada warga Nasrani yang menjadi kaum minoritas di Timur Tengah.


Paus akan menghabiskan hari pertamanya di ibukota Turki, Ankara, dan menggelar pertemuan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan yang baru dibangun dan menuai kontroversial.


Paus asal Argentina itu akan bertolak ke Istanbul pada Sabtu (29/11) dan menghabiskan waktu di kota itu hingga Minggu (30/11), dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti peninggalan Byzantine dan Ottoman, serta juga bertemu dengan Orthodox Ecumenical Patriarch Bartholomew I.


Perjalanan yang dilakukannya ini tidak sekontroversial kunjungan Paus sebelumnya saat berkunjung ke Turki yang mayoritas penduduknya Muslim.


Kunjungan Paus Benediktus pada 2006 menjadi sorotan publik karena sebelumnya dia sempat melontarkan pernyataan yang bermuatan anti-Islam


Namun, kali ini keamanan Paus merupakan hal penting bagi otoritas Turki. Hubungan langsung dengan kerumunan warga yang biasa ditampilkan dalam berbagai kunjungan kepala gereja Roma Katolik itu diprediksikan tidak bisa dilakukan di Turki.


Sekitar 2.700 polisi telah dikerahkan untuk mengawal kunjungan Paus di Ankara. Jumlah pasukan akan ditingkatkan hingga 7.000 personel di Istanbul.


Ada sebagian pihak yang menyerukan agar Paus tidak bertemu Erdogan di Istana Kepresidenan yang sangat luas dan memiliki 1.000 ruangan, yang dibangun dengan biaya tidak kurang US$ 615 juta sehingga menuai amarah rakyat.


Namun, Vatikan menolak masuk dalam polemik tersebut dan menyatakan sekadar menerima undangan tuan rumah yang ingin menjamu Paus, di mana sejauh ini menjadi tamu paling penting yang diundang ke Istana mewah itu.


Penulis: Febriamy Hutapea/FEB


Sumber:AFP





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Pertama Kali, Paus Fransiskus Kunjungi Turki

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar