Pemkot Balikpapan Siap Operasikan Rumah Sakit Masyarakat Miskin


Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, siap mengoperasi rumah sakit umum daerah (RSUD) yang baru selesai dibangun pada Februari 2015 yang diprioritaskan melayani masyarakat miskin.


"Terkait dengan rencana mengoperasikan rumah sakit itu kami sudah mulai merekrut tenaga medis yang diperlukan untuk mengoperasionalkan rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan drg Dyah Muryani di Balikpapan, Sabtu (22/11).


Ia mengaku sudah merekrut dokter, bidan, perawat, apoteker dan farmasi, staf administrasi, sampai cleaning services. Saat ini sudah ada 60 orang tenaga medis yang dijadikan pegawai negeri sipil (PNS).


Menurut Dyah, saat ini semuanya sedang menjalani program pelatihan di RS Kanujoso Djatiwibowo, sedangkan untuk calon karyawan non-PNS ada 150 orang yang menjalani seleksi dan saat ini sudah sampai tahapan seleksi administrasi dan psikotes.


"Rumah sakit ini nantinya akan dipriritaskan untuk masyarakat pasien penerima bantuan pemerintah karena dikategorikan keluarga miskin," katanya.


Dia mengatakan RSUD itu nantinya akan operasionalkan oleh 250 orang pegawai, termasuk dokter dan perawat serta tenaga kesehatan lainnya.


Menurut rencana, kata Dyah, pengoperasian rumah sakit ini akan dimulai resmi pada 10 Februari 2015 atau bertepatan dengan HUT ke-108 Kota Balikpapan.


Selain menyiapkan sumber daya manusia, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga sedang melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan untuk mengoperasionalkan rumah sakit yang baru selesai dibangun itu.


"Untuk alat kesehatan sementara sangat terbatas, karena dari anggaran Rp 153 miliar, baru dicairkan Rp 30 miliar," katanya.


Untuk lebih cepat memenuhi kekurangan itu, kata Dai, dalam APBD Kota Blikpan 2015 akan dialokasikan dana sebesar Rp 20 miliar yang akan digunakan untuk pengadaan alat kesehatan.


Dyah mengatakan saat ini tengah diproses pengadaan alat-alat kesehatan untuk ruang di ruang Intensif Care Unit (ICU) rumah sakit utama di Balikpapan, yakni Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo.


Rumah sakit ini akan melayani rujukan dari berbagai rumah sakit lainnya di Balikpapan. Ada juga rumah sakit swasta yang memiliki peralatan canggih dan lengkap seperti RS Pertamina Balikpapan dan RS Siloam.


Penulis: /FEB


Sumber:Antara





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Pemkot Balikpapan Siap Operasikan Rumah Sakit Masyarakat Miskin

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar