Populasi Burung Maleo di Pulau Pombo Berkurang


Ambon - Perkembangan populasi burung Gosong (Maleo) di Pulau Pombo, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah saat ini semakin berkurang.


"Berkurangnya burung maleo bukan karena diburu manusia, tapi diperkirakan berpindah tempat ke Desa Kailolo (Pulau Haruku) yang hanya berjarak kurang lebih tiga kilometer dari Pulau Pombo," kata Staf Pengendalian Ekosistim Hutan (PEH) Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Kunty di Ambon, Kamis (2/10).


Dia menjelaskan, jumlah burung tersebut diperkirakan hanya mencapai ratusan ekor saja, jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya yang mencapai ribuan.


Lantaran itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku akan melakukan pelestarian dengan mengedepankan keamanan di pulau tersebut.


"Apalagi kita ketahui bersama bahwa status Pulau Pombo adalah cagar alam , jadi kalau sudah ditangani BKSDA, kami tidak bisa utak - atik. Bahkan, tidak bisa mengambil hasil yang ada di pulau tersebut, kecuali untuk kepentingan penelitian," ujarnya.


Selain maleo, berbagai jenis burung yang ditemukan, yakni pombo, raja udang dan burung bangau yang juga merupakan burung migran bukan indemik.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Populasi Burung Maleo di Pulau Pombo Berkurang

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar