Jumlah Ekstremis Islam di Jerman Melonjak


Berlin – Jumlah ekstremis Islam di Jerman melonjak tajam dalam beberapa tahun ini. Demikian disampaikan Kepala Badan Intelijen Dalam Negeri Jerman Hans-Georg Maassen dalam wawancara dengan radio rbb-Inforadio, Sabtu (25/10).


Badan itu memperkirakan sebanyak 6.300 orang di Jerman adalah penganut paham ultrakonservatif Islam yang dikenal dengan sebutan Salafism.


Di Jerman, semua pengikut Salafis terkait dengan gerakan ekstremis Islam dan masuk dalam pemantauan aparat keamanan. Walaupun, kelompok lainnya tetap dipantau jika gerakan mereka mengancam keamanan negara dan juga tatanan demokrasi.


Maassen memperkirakan, jumlah kaum Salafis bisa mencapai 7.000 orang hingga akhir tahun nanti. Padahal, tiga tahun lalu, jumlahnya hanya sekitar 3.800 orang.


Dijelaskan, mayoritas pengikut Salafis adalah kaum muda. Mereka yang masuk aliran itu adalah yang tidak puas dengan tatanan demokrasi.


Pihak berwenang di Jerman sebelumnya menyebutkan, setidaknya ada 450 ekstremis Islam yang telah melakukan perjalanan dari Jerman untuk bergabung kelompok ekstremis untuk bertempur di Suriah dan Irak. Mingguan Jerman Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung melaporkan, angka sebenarnya bisa jauh lebih tinggi.


Penulis: Yuliantino Situmorang/YS


Sumber:AP





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jumlah Ekstremis Islam di Jerman Melonjak

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar