Jokowi Apresiasi Sikap SBY Tolak Pilkada Lewat DPRD


Jakarta - Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi terhadap sikap Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyatakan menolak pemilihan kepala daerah (pilkada) tak langsung atau melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).


“Bagus. Itu sikap yang bagus,” kata Jokowi singkat di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (16/9).


Gubernur DKI Jakarta ini secara tegas menyatakan menolak dihapusnya Pilkada langsung dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada.


Bila wacana Pilkada melalui DPRD diloloskan dalam RUU Pilkada, maka dianggapnya sebagai suatu kemunduran dalam sistem demokrasi di Indonesia.


Menurutnya, pasal yang harus direvisi adalah pasal yang terkait hal-hal bersifat teknis serta bersifat perbaikan sistem dalam demokrasi yang telah diwujudkan sejak era reformasi.


Hal itu diperlukan untuk meminimalisir bentuk kecurangan dalam setiap gelaran pilkada di tiap daerah.


“Seharusnya yang dikoreksi dan diperbaiki itu adalah pelaksanannya, sistemnya, teknisnya. Bukan proses pilkada langsungnya yang dihapus,” ujarnya.


Penghapusan pilkada langsung juga dianggap olehnya mencederai kedaulatan rakyat yang telah diraih sejak lebih dari 10 tahun.


Kendati demikian, mantan Wali Kota Solo ini enggan berkomentar lebih banyak mengenai polemik tersebut. "Ya, itu kemunduran demokrasi, memotong kedaulatan rakyat," tegasnya.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jokowi Apresiasi Sikap SBY Tolak Pilkada Lewat DPRD

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar