Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Naik


Jakarta - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Jakarta mengalami kenaikan karena ketersediaan sapi potong berkurang menjelang Lebaran Idul Adha 1435 Hijriyah.


"Saat ini harga daging sapi naik menjadi Rp95 ribu dibanding sebelumnya Rp90 ribu per kilogram," kata salah seorang pedagang sapi, Jamal di Pasar Senen Jakarta, Jumat (19/9).


Ia menjelaskan, saat ini ketersediaan sapi berkurang karena permintaan sapi khusunya sapi jantan untuk ibadah korban juga mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Idul Adha.


"Diperkirakan harga daging ini akan terus mengalami kenaikan hingga H-1 lebaran haji seiring permintaan warga yang juga meningkat," ujarnya.


Menurut dia, biasanya menjelang lebaran, permintaan akan daging sapi mengalami peningkatan 30 persen, karena warga mengelar doa bersama menyambut lebaran haji itu.


"Biasanya, harga daging menjelang lebaran haji naik menjadi Rp100 hingga Rp110 ribu per kilogram," ujarnya.


Ia mengatakan, meski ketersediaan sapi potong berkurang, namun masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta masih mencukupi untuk dua bulan ke depan.


"Menjelang lebaran haji, harga sapi potong naik sehingga pedagang terpaksa menaikkan harga daging," ujar Tito, pedagang di Pasar Baru.


Sementara itu, Berdi, pedagang ayam mengatakan, harga daging ayam kampung naik menjadi Rp35 ribu dibanding harga sebelumnya Rp31 ribu per kilogram.


Demikian juga, harga daging potong naik menjadi Rp37 ribu dari harga sebelumnya Rp31 ribu per kilogram.


"Saat ini, pasokan ayam berkurang karena banyak ternak ayam petani mati selama musim kemarau," ujarnya.


Selain itu, harga daging ayam ini naik karena pakan ternak yang cukup tinggi, sehingga biaya perawatan dan pembesaran ayam tingggi.


"Kami hanya menyesuaikan harga ayam di tingkat peternak dengan harga pasaran, sehingga saling menguntungkan," ujarnya.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Naik

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar