NATO Beberkan Bukti Operasi Militer Rusia di Ukraina


Washington – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) merilis sejumlah foto yang menunjukkan unit-unit artileri Rusia beroperasi di dalam wilayah Ukraina, dan menggarisbawahi kalau lebih dari 1.000 tentara Rusia telah bergabung dengan kelompok separatis yang bertempur melawan pasukan pemerintah.


“Dalam dua pekan terakhir kami telah mencatat eskalasi signifikan dalam hal tingkatan dan kecanggihan intervensi militer Rusia di Ukraina,” kata Brigjen Nico Tak dari Belanda, yang merupakan perwira senior di komando militer NATO, Kamis (28/8) waktu setempat.


“Citra satelit yang dirilis hari ini memberikan bukti tambahan bahwa pasukan tempur Rusia yang dilengkapi senjata berat sedang beroperasi di dalam teritori kedaulatan Ukraina,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.


Kemudian kepada wartawan dia mengatakan lebih dari 1.000 tentara Rusia sedang beroperasi di kawasan Ukraina sekarang dan bahwa militer Rusia aktif terlibat dalam pertempuran.


Terpisah, seorang komandan separatis menegaskan bahwa tentara Rusia yang berada di Ukraina hanyalah sukarelawan yang bergabung dengan para pemberontak selagi cuti.


NATO mengatakan foto-foto yang ada menunjukkan adanya unit-unit militer Rusia yang terorganisir, lengkap dengan artileri dan peralatan berat.


Foto-foto itu dibuat oleh perusahaan komersil DigitalGlobe dan belum diubah. Ini untuk pertama kalinya NATO merilis bukti foto untuk mendukung pendapatnya bahwa unit-unit militer Rusia menembakkan senjata artileri di dalam wilayah Ukraina.


Salah satu foto tertanggal 21 Agustus 2014 menunjukkan konvoi militer Rusia dengan senjata artileri bergerak di wilayah Krasnodon, Ukraina.


Foto lainnya tertanggal 23 Agustus menunjukkan unit-unit artileri Rusia dalam posisi siap tembak di dekat Krasnodon. Di dekat kelompok artileri itu ada kendaraan-kendaraan logistik yang diduga memuat amunisi.


“Konfigurasi seperti ini jelas menunjukkan bagaimana kelompok militer terlatih akan menata aset mereka di darat, bukan amatir tak terlatih, namun tentara Rusia,” tulis NATO dalam keterangan foto itu.


“Sistem artileri Rusia seperti ini telah membidik posisi-posisi Ukraina di luar kota Luhansk seiring serangan balasan kelompok separatis yang mencoba menembus kepungan Ukraina atas kota itu.”


Foto ketiga menunjukkan peningkatan aktivitas militer Rusia termasuk tank-tank dan kendaran pengangkut pasukan di dekat kota Rostov, Rusia. NATO mengatakan ada banyak kam militer Rusia di area itu dan beberapa unit ditempatkan hanya beberapa mil dari Ukraina serta bisa menyerang tanpa peringatan.


Rusia juga memasok senjata ke separatis dari lokasi itu, kata NATO, yang merupakan aliansi pertahanan negara-negara Eropa Barat dukungan Amerika.


“Selama berbulan-bulan, Rusia telah menyediakan peralatan berat bagi separatis dalam bentuk tank, kendaraan lapisbaja, artileri dan peluncur roket,” kata NATO.


Dua foto lain yang dirilis NATO menunjukkan dua senjata berat di wilayah Rusia yang diarahkan ke Ukraina.


“Ini jelas bukan latihan. Senjata-senjata ini tengah dipakai untuk mendukung pasukan separatis di wilayah Ukraina,” ujar lembaga itu.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : NATO Beberkan Bukti Operasi Militer Rusia di Ukraina

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar