KPU Nabire Diminta Gelar Pilpres Ulang


Nabire - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nabire, Papua, diminta menggelar pemilihan umum presiden-wakil presiden (pilpres) ulang di lima kampung/kelurahan yang berada di Distrik Wapoga di daerah itu.


"Kami minta pemilu ulang karena saat Pilpres 9 Juli lalu terjadi sejumlah kecurangan di Wapoga. Terjadi pelanggaran undang-undang tentang pemilu," ujar Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) di Distrik/Kecamatan Wapoga, Yuli Ernawati Wamafma di Nabire, Minggu (13/7).


Yuli menjelaskan, terdapat lima kampung di Distrik Wapoga yakni Samanui, Totoberi,Keuw, Taumi dan Kamarisano yang merupakan ibu kota distrik. Kelima kampung itu terdapat enam tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu.


"Taumi adalah salah satu kampung yang sangat jauh dari ibu kota kabupaten Nabire. Transportasi satu-satunya ke kampung itu dengan helikopter yang memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dan perahu boad satu hari," ujarnya.


Adapun jika menggunakan perahu dan speedboad ke Taumi memakan waktu dua hari satu malam. Dengan kondisi itu, kata dia, pengantaran logistik ke kampung itu terlambat.


"Logistik baru dikeluarkan dari KPU Nabire pada 8 Juli, kemudian diantar ke ibu kota distrik. Tanggal itu, saya sudah berada di Samanui untuk memastikan sudah ada TPS atau belum dan apakah logistik sudah tiba atau belum," katanya.


Sesampai di Taumi ternyata belum ada TPS yang disiapkan. Anggota dan ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KKPS) juga tidak berada di lokasi itu. Logistik berupa kertas suara, kotak suara dan formulir C1 juga belum tiba.


"Ketika masyarakat tanya saya bingung lalu saya kumpulkan masyarakat dan minta mereka bersabar jika logistik tiba baru warga menyiapkan TPS untuk nyoblos," ujarnya.


Dia mengatakan, logistik baru tiba di lima kampung itu pada Rabu, 9 Juli, itu pun sudah pukul 13.00 WIT, atau batas waktu pencoblosan ditutup.


Beranjak dari itu Ketua Panwas Yuli melayangkan surat ke KPU Nabire untuk minta pemilu ulang. "Kami masih tunggu jawaban dari KPU Nabire," ujarnya.





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : KPU Nabire Diminta Gelar Pilpres Ulang

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar