Jalannya Balapan GP China


Shanghai - Balapan dimulai dengan benturan antara Alonso dan Massa, yang melesat dari posisi start keenam menyalip Rosberg namun kemudian terhadang mobil Ferrari dan mereka tak bisa menghindar. Beruntung keduanya bisa terus melaju.


Kontak juga terjadi antara mobil Rosberg dengan mobil Bottas.


Alonso sendiri melakukan start cukup bagus dengan menyalip Rosberg dan Ricciardo untuk berada di urutan tiga, sementara Vettel juga naik satu posisi dari grid ketiga. Pole-sitter Hamilton tidak mengalami kesulitan untuk memimpin lomba dan mencatat lap tercepat satu putaran kemudian.


Baru lap kelima, Hamilton sudah unggul empat detik atas Vettel, yang juga terus ditekan Alonso.


Pembalap Sauber, Sutil, sementara itu masuk pit dan tidak mampu melanjutkan lomba karena masalah teknis.


Vettel mulai menjauhm dan Alonso melaporkan ban depan kiri mulai aus. Button menjadi yang pertama untuk mengganti ban di lap kedelapan.


Massa masuk pit di lap ke-11, dan petaka baginya karena mekanik kesulitan memasang ban belakang kiri sehingga dia kehilangan banyak waktu. Maslaah itu kemungkinan akibat benturan dengan Alonso sebelumnya.


Alonso juga mengganti ban di lap berikutnya, kembali ke trek di urutan tujuh. Vettel juga kemudian masuk pit, kembali ke trek di belakang Alonso.


Ricciardo menunda pitstop hingga lap ke-16, namun dia tetap di belakang Alonso dan Vettel. Raikkonen sementara itu merambat naik ke posisi delapan, dari posisi start ke-11.


Pemimpin lomba Hamilton sempat melebar di lap ke-17 dan segera memutuskan masuk pit. Saat masuk trek, jaraknya dengan Alonso terpangkas menjadi kurang dari empat detik.


Vettel mulai keteteran sehingga Rosberg bisa makin medekat. Pada akhir putaran ke-22, Rosberg akhirnya mampu menyalip, sementara Vettel kembali mendapat tekanan kali ini dari yuniornya di Red Bull, Ricciardo.


Mereka berdua sempat bertarung sampai tim memerintahkan Vettel untuk mengalah karena data telemetri menunjukkan si pembalap Australia memang lebih kencang.


Urutan 10 besar: Hamilton-Alonso-Rosberg-Ricciardo-Vettel-Hulkenberg-Bottas-Raikkonen-Perez-Grosjean.


Hamilton sementara itu melaju tak tertandingi, unggul 12 detik atas Alonso. Rosberg juga makin kencang dan memberi sinyal Mercedes bisa mengulangi finis 1-2 untuk ketiga kali berturut-turut. Jaraknya dengan Alonso tinggal tiga detik kurang.


Balapan Grosjean terhenti di lap ke-30 karena masalah transmisi di mobil Lotus-nya. Pembalap Rusia, Daniil Kvyat, promosi ke zona poin di urutan 10.


Alonso mausk pit lagi di lap ke-34, sehingga dua mobil Mercedes memimpin.


Vettel yang masih di urutan lima marah di radio ketika disalip pembalap backmarker -- yang sudah tertinggal satu putaran atau lebih -- Kamui Kobayashi karena mobil Red Bull miliknya memang sangat lambat.


Rosberg dan Ricciardo masuk pit berbarengan, dan kemudian kembali tertinggal dari Alonso.


Pada putaran ke-42, Rosberg dengan mudah menyalip Alonso yang tidak memberi perlawanan sama sekali di trek lurus. Mercedes kembali dominan.


Masih agak jauh di belakang, Ricciardo menunjukkan dirinya lebih kencang dari Alonso.


"Fernando Alonso kehilangan akselerasi, terus geber," bunyi pesan radio Ricciardo enam lap menjelang finis. Saat itu mereka berdua masih terput empat detik.


Namun jumlah putaran tersisa tak cukup bagi Ricciardo untuk menyalip Alonso, sementara Hamilton menuntaskan putaran ke-56 paling depan untuk kembali memimpin finis 1-2 bagi Mercedes.


Urutan 10 besar: Hamilton-Rosberg-Alonso-Ricciardo-Vettel-Hulkenberg-Bottas-Raikkonen-Perez-Kvyat.


| Kembali ke artikel awal |





Halaman tips trick jumper phonsel ini akan selalu diperbaharui bila admin menemukan lagi pada persamaan yang mirip postingan : Jalannya Balapan GP China

Related Post

Random Post

Loading...

Tidak ada komentar